Artikel ini akan menjelaskan tentang definisi dari resolusi layar (screen resolution). Apa yang dimaksud dengan resolusi VGA, XVGA, HD, FHD yang banyak kita jumpai pada spesifikasi smartphone, kamera, bahkan layar komputer dan TV. Resolusi layar penting untung mengetahui pixel density dari suatu smartphone.

Artikel ini akan memudahkan Anda untuk memahami jika pada spesifikasi smartphone tertulis hanya kategori resolusi layar dan tidak tertulis besaran angka resolusinya. Karena terkadang produsen smartphone hanya menuliskan bahwa smartphone keluaran mereka beresolusi layar (misal) VGA atau HD saja. Tentu ini akan meyulitkan bagi kita yang tidak mengerti tentang apa itu VGA dan HD. 

Resolusi Samsung Galaxy Note 3


DISPLAYTypeSuper AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Size1080 x 1920 pixels, 5.7 inches (~386 ppi pixel density)

Diatas adalah sebagian spesifikasi dari Samsung Galaxy Note 3 yang kami ambil dari gsmarena.com. Tertulis bahwa resolusi layar Samsung Galaxy Note 3 adalah 1080 x 1920 pixels. Apa dan termasuk kategori mana resolusi Samsung Galaxy Note 3? 

Definisi Resolusi

Resolusi adalah ukuran yang menunjukkan banyaknya pixel yang terdapat pada suatu layar. Semakin besar ukuran resolusi dapat diartikan semakin banyak juga konten yang dapat ditampilkan pada suatu layar. 

Yang perlu digarisbawahi adalah bahwa besaran resolusi tidak menunjukkan besaran layar secara fisik. Dimensi layar yang kecil dapat menampilkan resolusi yang sama dengan layar yang besar sekalipun. Tergantung dari besar atau kecilnya pixel. Pixel dapat Anda bayangkan sebagai suatu titik pada layar. Pixel bisa saja seukuran titik yang Anda buat menggunakan pensil, atau bisa juga sebesar titik yang Anda buat menggunakan spidol whiteboard.

Pada contoh di atas, bahwa resolusi layar Samsung Galaxy Note 3 adalah 1080 x 1920 pixels. Angka 1080 adalah banyaknya pixel pada sisi lebar dan angka 1920 adalah banyaknya pixel pada sisi panjang. Jadi untuk dapat mengetahui berapa banyak pixel pada Samsung Galaxy Note 3, kita hanya perlu mengalikan kedua angka tersebut. 1080 x 1920 = 2073600 pixels. Luar biasa banyak untuk 2073600 pixels dalam layar yang berukuran 5.7 inch.

Kategori Resolusi

Ketika resolusi disajikan dalam angka adalah sangat mudah bagi kita untuk menentukan layar mana yang lebih besar resolusinya. Tetapi adakalanya produsen elektronik menggunakan simbol huruf yang menjadikannya sulit untuk kita menentukan berapa pixel yang dimiliki suatu layar. 

  • VGA (Video Graphics Array)

VGA adalah standar resolusi pertama dalam dunia elektronik. Yang pada awalnya dipakai untuk memberikan standar resolusi pada layar komputer. Tetapi sekarang layar dengan resolusi VGA sudah mulai ditinggalkan karena tidak mampu menampilkan gambar pada layar dengan kualitas bagus.

Video Graphics Array

  • XGA, QXGA dan HXGA

XGA (Extended Graphics Array), QXGA (Quad Extended Graphics Array) and HXGA (Hyper Extended Graphics Array) adalah pengembangan dari standar resolusi VGA yang ditingkatkan resolusinya. Resolusi dasarnya dibuat pada aspect ratio 4:3 dengan tanda W untuk menunjukan wide version dan tanda +, S (Super) dan U (ultra) yang berarti versi resolusi yang lebih tinggi.

Resolusi XGA biasa dipakai pada layar monitor komputer dan tablet, sedangkan QXGA diapai untuk high end layar komputer tetapi tablet belum ada yang menggunakan resolusi QXGA. HXGA dipakai untuk layar dengan kemampuan ultra high resolution.

XGA (Extended Graphics Array)

QXGA (Quad Extended Graphics Array)

Hyper Extended Graphics Array

  • HD (High Definition)

HD adalah resolusi standar yang biasa digunakan pada HDTV (High Definition TV). Resolusi dasarnya adalah 1280x720, dengan aspect ration 16:9. Namun belakangan, resolusi ini tidak hanya dipakai pada TV saja, namun juga mulai merambah pada smartphone. Seperti pada Samsung Galaxy Note 3 dengan resolusi 1920×1080 yang termasuk dalam katergori FHD (Full High Definition). 

HD (High Definition)

Dari artikel ini, kami harapkan Anda tidak bingung lagi dan lebih mengetahui lebih jelas tentang definisi resolusi dan dapat mengartikan sendiri ketika suatu spesifikasi layar menggunakan kode huruf dalam menyajikan data resolusi layar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Bantulah kami menjadi lebih baik dengan menuliskan saran dan kritik pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih.





0 comments:

Post a Comment

 
Top
Blogger Template